Tips Mengobati Cacingan Pada Orang Dewasa

cacing tanah

Tips mengobati cacingan pada orang dewasa – Cacingan dinamakan seperti itu karena memang terdapat sejumlah ekor cacing pada area usus atau di dalam tubuh anak-anak atau pun orang dewasa. Cacingan yang terjadi para orang dewasa memang sangat ironis sebab, infeksi cacingan yang terjadi sebagai akibat perkembangbiakan cacing di dalam perutnya. Orang dewasa yang mengalami cacingan tidak akan sama gejalanya dengan cacingan pada kalangan anak-anak.

Penyakit cacingan pada orang dewasa sebagian tidak menimbukan gejala sama sekali, tetapi sebagian besar akan mengalami berbagai gejala. Oleh karena itu, ada cacingan yang tidak bisa di periksa tetapi menimbulkan gejala cacingan dan tidak mudah sembuh secara cepat.

Simak juga =>> Tips Mengatasi Cacingan Pada orang Dewasa

Sebenarnya cacingan yang terjadi pada semua kalangan usia tidak mudah disembuhkan secara cepat. Dibutuhkan beberapa tips mengobati cacingan pada orang dewasa agar penderita cacingan tidak menularkan penyakitnya kepada yang lain.

Penyakit cacingan sebenarnya sudah ada semenjak dahulu hingga sekarang, sebab tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian besar anak kecil ataupun orang dewasa di negara ini pernah mengalami wabah cacingan.

Berdasarkan hasil riset para ahli kesehatan gizi menuturkan bahwa penyakit cacingan dibedakan atas cacing yang masuk ke dalam tubuh diantaranya :

Cacing Pita. Sejenis cacing yang selalu menyebar ke seluruh tubuh dan membentuk peradangan pada kulit seperti garis-garis lurus akibat adanya penjelajahan cacing di pembuluh darah kulit. Gejala cacingan jenis ini diantaranya diare terus menerus bersama keluarnya darah, gatal-gatal di anus, pusing, mual, muntah, batuk berdahak, gatal-gatal di kulit akibat peradangan larva cacing dan tidak nafsu makan.

Cacing gelang. Jenis cacing ini paling berukuran besar sebab cacing ini berasal dari larva cacing yang dibawa oleh lalat ke dalam makanan. Ketika makanan yang di makan banyak sekali larva cacing, maka secara tidak langsung cacing akan tumbuh dan berkembang biak dalam usus besar dan usus-usus kecil. Cacing jenis ini senantiasa menghisap darah usus untuk makan demi kelangsungan hidupnya saat masa mengandung larva cacing.

Baca Guys =>>> Tanda dan Gejala Cacingan Pada Anak Balita

Cacing tambang. Mungkin terdengar mengejutkan bahwa cacing jenis ini memang berukuran lumayan besar dan panjang layaknya tali tambang. Jenis cacing ini cukup berbahaya bagi kesehatan karena menimbulkan penyakit cukup serius seperti halnya cacing pita.

Cacing kremi. Jenis cacing ini mungkin berlawanan dengan cacing tambang, karena ukurannya yang cukup kecil tetapi dalam jumlah cukup banyak. Orang yang mempunyai cacingan jenis ini akan menularkan penyakit cacingan secara tidak langsung jika pengidap cacingan tidak mencuci tangan.

Berikut beberapa tanda-tanda orang dewasa atau anak-anak yang mengalami cacingan antara lain :

○ Diare berkepanjangan bersamaan dengan keluarnya darah.
○ Peradangan pada usus.
○ Gatal-gatal di are anus tidak tertahankan.
○ Mual, muntah dan pusing.
○ Demam dan batuk-batuk.
○ Nyeri dan perih pada ulu hati akibat usus di gerogoti.
○ Cacing bisa mengakibatkan peradangan di dalam kulit seperti munculnya borok dan luka gatal.

Adapun mengenai tips mengobati cacingan pada orang dewasa hanya dengan memanfaatkan bahan alami diantaranya :

♠ Wortel 

Mungkin bahan yang satu ini sangat mudah didapatkan terlebih jika anda seorang tukang masak atau pun ibu rumah tangga suka masak di dapur. Sayuran wortel benar-benar memberikan manfaat cukup bagus untuk kesehatan yaitu bisa sebagai obat khusus cacingan. Caranya hanya cukup buat jus wortel sebelum tidur di malam hari.

♠ Bawang putih 

Sama halnya dengan sayuran wortel, bahan yang satu ini pun bisa membantu mengobati cacingan baik pada orang dewasa atau pun anak-anak. Caranya cukup mudah yakni dengan cara mengunyah sedikitnya dua siung bawang putih setelah itu minum dengan air hangat.

♠ Temulawak dan jahe 

Kedua akar-akaran bumbu dapur ini sama halnya dengan obat khusus cacingan yang biasa di jual di apotik atau toko obat terdekat. Temulawak sebenarnya sangat bagus untuk sistem pencernaan sekaligus membuang infeksi cacing dan larva cacing dari dalam usus.

♠ Daun puteri malu

Daun tanaman ini sangat bermanfaat khususnya pengobatan cacingan pada orang dewasa dan anak-anak. Daun tanaman ini hanya cukup anda rebus hingga benar-benar matang untuk kemudia diambil airnya sebagai ramuan.

Tips mengobati cacingan pada orang dewasa dengan bahan alami tentunya sangat banyak dan tersedia di alam. Jadi cegah sekarang juga penyakit cacingan baik pada orang dewasa ataupun anak-anak. Penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan makanan, kebersihan badan dan lingkungan.

Selama ini faktor kebersihan menentukan kesehatan seseorang yang nantinya dengan hidup bersih tentu terbebas dari penyakit cacingan. Berikut beberapa cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit cacingan pada anak-anak atau orang dewasa yaitu  :

■ Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau pasca beraktivitas di area lembap dan berlumpur.
■ Selalu mengonsumsi makanan yang dimasak terlebih dahulu hingga matang.
■ Selalu meminum minuman yang dimasak hingga matang.
■ Selalu berhati-hati dalam memilih daging olahan yang di jual bebas di pasar atau toko swalayan.
■ Selalu memilih sayuran atau buah-buahan yang sehat.
■ Selalu mencuci buah dan sayuran hingga benar-benar bersih.
■ Selalu memperbanyak makanan yang kaya akan vitamin sehingga sistem kekebalan tubuh tidak mudah goyah atau jatuh sakit.
■ Senantiasa menjaga kebersihan makanan, minuman, menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar.

Demikian beberapa informasi mengenai tips mengobati cacingan pada orang dewasa. Mudah-mudahan uraian kali ini bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s