Tips Mengatasi Cacingan Pada Orang Dewasa

sakit maagCacingan pada orang dewasa sangat jarang sekali terjadi, lain halnya dengan kalangan anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna. Cacingan pada kalangan dewasa akan sedikit berbeda dengan cacingan yang terjadi pada anak-anak sebab cacingan pada anak-anak tidak semuanya sama bahkan sering memicu berbagai gejala yang berbeda-beda pula. Jadi dalam hal ini akan di bahas tentang tips mengatasi cacingan pada orang dewasa bersama dengan pencegahannya.

Secara umum orang atau anak yang mengalami cacingan sering mudah mengeluh sakit pada bagian perutnya dikarenakan aktivt\itas cacing yang berada di usus. Selain itu cacing-cacing di perut akan mudah mencuri semua nutrisi dan sari-sari makanan sehingga menimbulkan efek gizi buruk terutama kalangan anak-anak.

Cacingan pada orang dewasa dibedakan berdasarkan infeksi cacing yang tinggal pada perut diantaranya ;

Cacing kremi

Kita sering mendengar istilah hewan yang satu ini, tepatnya cacing kremi yang senantiasa menimbulkan berbagai resiko penyakit cukup serius. Cacing kremi sering kali menimbulkan berbagai reaksi bagi tubuh diantaranya perut menjadi mulas, diare, mencret-mencret, feses encer dan berdarah, mual, pusing, demam, batuk-batuk, serta diiringi rasa gatal di area anus tempat pembuangan kotoran.

Cacing Gelang

Cacing gelang akan bertelur di area yang kotor, berlumpur dan serba penuh dengan organisme. Telur cacing dibawa oleh serangga seperti lalat yang kemudian hinggap di makanan dan telur cacing diletakan begitus saja pada makanan atau jajanan yang dibiarkan di gerumuti oleh lalat. Apabila manusia mengonsumsi makanan yang terdapat telur cacing pita, cacing kremi dan cacing gelang, maka secara otomatis ia terinfeksi cacingan. Telur yang masuk ke tubuh manusia akan terus berkembang biak meskipun telah melalui proses pencernaan makanan.

Dalam hal ini baik cacing gelang atau pun cacing kremi memiliki gejala yang hampir sama tetapi tidak semua cacingan menimbulkan gejala yang sama. Beikut di bawah beberapa tanda atau gejala yang diakibatkan infeksi cacing pada perut orang dewasa dan semua usia diantaranya :

Badan mudah lemas dan lelah

Badan yang mudah lelah sering mengantuk, pusing, itu bisa terjadi karena penurunan darah atau anemia. Anemia bisa diakibatkan aktivitas cacing pada usus yang menghisap darah dan sel darah bahkan semua sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perut mulas dan melilit

Perut yang mulas, diare, mencret-mencret adalah aktivitas merugikan yang dilakukan oleh cacing di dalam usus berupa penggerogotan pada dinding usus sehingga memicu reaksi sakit di perut bahkan pendarahan internal.

Bentuk badan kurus tetapi perutnya buncit

Sama dengan kondisi gizi buruk dimana anak-anak yang terinfeksi cacingan memiliki kondisi perut buncit sedangkan tangan dan kakinya kurus tebal oleh tulang. Orang dewasa yang terinfeksi cacingan bisa saja mengalami kondisi seperti ini, sebab jika infeksi cacingan pada orang dewasa 3 kali lebih besar dibandingkan dengan risiko infeksi pada anak-anak.

Rasa gatal di area anus 

Rasa gatal yang tidak tertahankan di area anus akan parah jika menjelang malam hari. Hal ini dikarenakan cacing betina akan beraktivitas mendekati saluran anus untuk bertelur sebab saluran tersebut paling tetap untuk berkembak biak. Dengan demikian, maka aktivitas cacing yang berkembang biak di saluran anus akan berisiko gatal-gatal tidak tertahankan.

Buang Air besar encer dan keluarnya gerombolan cacing

Cacingan pada orang dewasa bisa mengalami gejala yang sama berupa kejadian buang air besar encer, mencret-mencret dan berbuih bersama dengan keluarnya beberapa ekor cacing. Hal inilah yang mesti di waspadai dan di antisipasi agar cacingan baik pada anak-anak atau dewasa tidak sering terjadi.

Berikut di bawah ini terdapat beberapa tips yang dapat membantu mengatasi keluhan cacingan pada semua kalangan khususnya kalangan dewasa antara lain :

■ Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dengan sabun cair antiseptik hingga bersih.
■ Selalu memilih jenis makanan dan tidak jajan makanan sembarangan.
■ Mencuci alat-alat untuk makan dengan sabun khusus alat makan.
■ Mencuci hingga bersih sayuran dan buah-buahan sebelum di konsumsi
■ Tidak boleh sembarangan buang besar atau buang air kecil.
■ Selalu membersihkan tempat mandi atau toilet secara teratur.
■ Menjaga kebersihan badan dengan rutin mandi minimal sehari 2 kali.
■ Membersihkan tempat tidur, sprai dan lingkungan rumah secara teratur.
■ Selalu menjaga pola makan dengan memperbanyak sayuran dan buah-buahan organik.
■ Harus bisa memilih jenis daging olahan yang baik untuk di konsumsi, sebab sekarang ini marak terjadi penjualan daging gelonggongan alias daging yang tidak sehat.
■ Selalu membersihkan anggota badan sehabis melakukan aktivitas di ladang kebun atau tempat berlumpur.

Nah, mungkin hanya sedikit ulasan tentang tips mengatasi cacingan pada orang dewasa. Anda bisa simak juga artikel Tanda dan Gejala Cacingan Pada Anak Balita. Mudah-mudahan uraian kali ini bisa memberikan gambaran bagi kita semua khususnya untuk anak-anak akan pentingnya menjaga kebersihan badan dan lingkungan sekitar.


Posted by : Cegah Cacingan Sedini Mungkin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s